Resource belajar Pine Script di TradingView

Bagi yang teknikal banget mungkin ini bermanfaat buat bikin indikator sendiri di TradingView

Playlist YouTube untuk getting started Pine Script

Pine Script V4 User Manual

https://www.tradingview.com/pine-script-docs/en/v4/index.html

Pine Script Language Reference Manual

https://www.tradingview.com/pine-script-reference/

Cara meng-install Laravel 8 Breeze dengan Bootstrap

Akhirnya menemukan cara menginstall Laravel 8 Breeze + Bootstrap dengan elegan. Adalah menggunakan jetstrap. Jetstrap yang awalnya digunakan untuk jetstream. Oleh developernya di-extend untuk bisa swap Breeze ke Bootstrap.

Sementara (28 mei 2021) saya cek di package.json masih Bootstrap 4.6.0

install fresh laravel

curl -s https://laravel.build/project-name | bash

install breeze

composer require laravel/breeze --dev

php artisan breeze:install

install jetstrap

composer require nascent-africa/jetstrap --dev

php artisan jetstrap:swap breeze

run npm

npm install && npm run dev

run npm again if error

npm install && npm run dev

run migration

php artisan migrate

or if you are using sail

sail artisan migrate

Selamat meniqmati buossquu

Cara Delete WordPress Tables

Menghapus table WordPress salah satunya bisa dilakukan dengan cara berikut:

Pertama login ke MySQL dan jalankan perintah berikut:

SELECT concat('DROP TABLE IF EXISTS `', table_name, '`;')
FROM information_schema.tables
WHERE table_schema = 'nama-database';

Perintah di atas akan menghasilkan teks perintah berikutnya:

 DROP TABLE IF EXISTS `wp_term_relationships`;
 DROP TABLE IF EXISTS `wp_term_taxonomy`;
 DROP TABLE IF EXISTS `wp_options`;
 DROP TABLE IF EXISTS `wp_links`;
 DROP TABLE IF EXISTS `wp_termmeta`;
 DROP TABLE IF EXISTS `wp_commentmeta`;
 DROP TABLE IF EXISTS `wp_comments`;
 DROP TABLE IF EXISTS `wp_posts`;
 DROP TABLE IF EXISTS `wp_postmeta`;
 DROP TABLE IF EXISTS `wp_users`;
 DROP TABLE IF EXISTS `wp_usermeta`;
 DROP TABLE IF EXISTS `wp_terms`;

Kopas teks di atas dan jalankan lagi di MySQL console untuk menghapus table.

Jam Tujuh Sampai Rumah

Hanya sekadar pemanis.

Setelah hampir 2 minggu jeleh ndak nyepeda, akhirnya pagi ini gowes lagi. Yang pendek pendek aja. Jam tujuh sampai rumah. Ya lebih dikit gpp lah. Yang jelas ga pake mampir mampir.

Sampai rumah masih segar, pikiran masih fresh dan ga terlalu capek. Ngisis dikit ngeringin keringat dan bisa langsung nyandak gawean.

Oh iya #JTSR ini nemu di post instagram @beginu

Layak dicoba buat penyegaran sebelum bekerja.

Cara Backup WordPress di Server A dan Restore di Server B

#Diketahui

Server A
IP: 100.100.100.101
User: root
Document root: /var/www/wpdomain.com

Server B
IP: 100.100.100.102
User: root
Document root: /var/www/wpdomain.com

 

#Masuk ke Server A

ssh root@100.100.100.101

 

#Masuk ke document root WordPress

cd /var/www/wpdomain.com/

 

#Info Database

Buka `wp-config.php` untuk mengetahui informasi berikut.
– DB_NAME
– DB_USER
– DB_PASSWORD

more wp-config.php

 

#Backup DB

mysqldump -u DB_USER DB_NAME > database.sql -p

Masukkan DB_PASSWORD dan tunggu sampai proses backup database selesai.

 

#Mengkopi data dari Server A ke Server B
Sekarang kamu punya backup database dan file wordpress dalam folder yang sama.

rsync -vhzrlpt --stats ./ root@100.100.100.102:/var/www/wpdomain.com/

Masukkan password Server B dan tunggu sampai proses sync selesai. Proses ini biasanya memakan waktu yang lama jika data WordPress besar. Jika koneksi putus, ulangi proses rsync ini dengan perintah yang sama. Rsync akan melanjutkan proses sync file yang belum terkirim tanpa mengulangi dari nol.

 

#Restore WordPress di Server B
Masuk ke Server B

ssh root@100.100.100.102

 

#Masuk ke document root wordpress (dengan asumsi sudah disetup virtual hosting-nya)

cd /var/www/wpdomain.com/

 

#Update `wp-config.php` dengan config database yang baru dengan text editor nano/vi

more wp-config.php

Edit informasi berikut
– DB_NAME
– DB_USER
– DB_PASSWORD

 

#Restore Database

mysql -u DB_USER DB_NAME < database.sql -p

Masukkan DB_PASSWORD yang diminta dan tunggu sampai proses restore selesai

 

#Tambahan

Ubah ownership file jika menggunakan user www-data

chown -Rvf www-data:www-data *

Sepeda Roda 4

Sepertinya menarik punya sepeda roda 4. Terutama masalah keamanan berkendara. Tidak terlalu insecure seperti kalau pakai sepeda roda 2. Kendaraan yang lebih besar atau kendaraan yang mempunyai tenaga lebih besar mempunyai kecenderungan “mepet”. Bahkan tidak jarang jalan saya dipotong di tikungan WTF lah.

Yang bikin males saat dipotong adalah crank awalan berat (fixie) kalau sepeda biasa tinggal ganti gear. Enak lagi kalau pake ebike tinggal gass.

Kembali ke sepeda roda 4 tadi istilahe wani pasang body haha. kan yang kena paling utama sepedanya. Cuman kekurangannya adalah road-block kalau yang berkendara ndak lincah. Secara jalan di sini sempit sempit. Dan sepeda itu lak itungane lambat.

Ya ada plus minusnya lah.

Nah berikut ini beberapa model yang saya suka:

###Sepeda dengan add-on:

Ini menarik. Saya punya basis sepeda listriknya. Tinggal dipasangi sambungan depan. Kalau mau bikin roda 3 juga tidak masalah yang belakang biarin 1 roda saja.

sumber : https://www.facebook.com/photo?fbid=1273529526003501&set=pcb.1273529549336832

###Sepeda gokart

Sumber: https://bike4world.wordpress.com/gokart/

###Sepeda BMX

Sumber: https://steemit.com/bike/@adisons/sepeda-4-roda-2018-01-15-14-34-47

Yang jadi pertanyaan adalah apakah sepeda roda 4 in legal di jalan raya? (one google away haha)

Cara Perawatan dan Pemangkasan Pohon Anggur

Kebetulan punya pohon anggur di pot hasil beli di pasty. Tadinya hampir mati karena kering dan gak mau tumbuh tunas. Setelah saya putuskann untuk dipangkas habis jadi tumbuh tunas baru.

Nah sekarang kondisinya sudah pindah pot besar dan menjalar agak panjang. Cari cari di yutub tutorial pemangkasan dan pembentukan batang agar cepat berbuah.

Sejauh ini yang paling menarik saya temukan:

Bisa dicontoh pakai pilar dan tali rafia smoga kuat.