Coding Style

Hello Blog,

Dalam beberapa bulan terakhir saya sedang membuat aplikasi berbasis web. Alurnya biasa lah mulai dari merancang mockup secara kasar dan langsung mengerjakannya. Saya tidak merancangnya secara detail. Tapi gambaran alur penuh sudah terpikirkan.

Nah pada waktu coding selalu terpikir jalur jalur baru karena beberapa alasan. Diantaranya adalah validasi dan sekuriti. Kalo user masukan ini gimana, kalau itu gimana, dst. Sehingga waktu coding saya malah jadi ngelantur sana sini gara gara memikirkan belokan proses tadi.

Produk dari ngelamun sana sini saya jadi kepikiran tentang tips penulisan buku. Tuliskan dulu kemudian tulis ulang. Nah bagaimana kalau ini juga diterapkan ke dalam coding. Yap adanya proses tulis ulang.

Tarohlah kita sudah merancang bagaimana alur sukses program. Alur yang salah diasumsikan tidak dilalui user. Jadilah program dengan jalan utama. Nah dari situ tinggal di tulis ulang atau ditambahi fitur berikutnya. Kalu di urut mungkin alurnya bisa seperti berikut :

1. Program yang penting jalan dulu (abaikan validasi dan security)

2. Tambahkan validasi dan error handling

3. Amankan dengan menambahkan fitur security

Alur nomor 2 dan 3 dapat di ulang ulang selama berjalannya program. Maksudnya setiap aplikasi itu growing ketika itu celah kesalahan atau security mungkin saja terbuka.

Happy Coding 🙂

Advertisements